IaM Level 100 - Tagging OCI

Hello Everyone.. Let's Learn With Me!!

Pada postingan kali ini, kita akan belajar tentang bagaimana membuat Tagging di Oracle Cloud Infrastructure.

Tagging adalah Service IAM OCI yang digunakan untuk pengelompokan recource. Hal ini memudahkan kita untuk mencari, mengatur, mengontrol mengelola resource yang akan kita buat.

Terdapat dua jenis Tags di OCI

1. Defined Tags Defined Tags, dibuat oleh Administrator Tags agar bisa diterapkan ke recourse yang akan kita buat. Defined Tag ini terdiri dari namespace, key, dan value

Langsung saja kita coba buat,

image.png Login lalu pilih menu Govermance > Tag namespaces

image.png

Jangan lupa untuk pilih compartment terlebih dahulu, Click Create Namespace Definition untuk membuat Defined Tags.

image.png

Disini saya buat nya di compartment Training, kali ini saya ingin buat namespace nya untuk bidang marketing

image.png Jika sudah klik Create Namespace Definition

image.png

Lalu kita buat lagi untuk Tags Key nya di dalam Tags Marketing.

image.png Untuk Tag Key kali ini untuk promosi, jadi kata kunci yang saya masukkan yaitu Campaign

image.png

Untuk Value ini, menurut saya untuk lebih menspesifikkan lagi Tag Definition nya, Saya pilih value list, lalu value yang saya gunakan adalah NA(North America), EMEA (Europe Middle East and Africa), APAC(Asia Pacific)

image.png

Jika sudah, klik Create Tag Key Definition

Untuk penggunaanya coba sekarang kita buat VCN,

image.png

Pada bagian Tag, kita bisa gunakan apa yang kita buat tadi.

image.png

image.png

VCN sudah berhasil dibuat dengan Tagnya juga.

2. Free From Tags Pada tags ini, selain administrator tag, user lain juga bisa membuat nya. Pada Tag ini hanya berisi key dan value saja

Coba kita tambahkan Klik Add Tags image.png

image.png lalu kita buat free-from tags nya

image.png

Tag sudah terbuat.

Dengan Tag akan lebih memudahkan kita untuk mencari recourse yang kita buat.

Thanks